Breaking News

Rabu, 14 Agustus 2024

Menuju Zero Stunting : Mahasiswa KKN UNDIP Ajarkan Pola Hidup Bersih Dan Sehat Pada Keluarga Anak Kategori Dalam Pantauan Stunting Untuk Mewujudkan “Warga Sadar Kesehatan Stunting”

 

RADARTUJUH-Pekalongan (15/07/2024) Mahasiswa KKN dari Universitas Diponegoro, Amanda Arum Linggaringtyas dari jurusan Teknik Lingkungan melalui program multidisiplin mengenai “Warga Sadar Kesehatan Stunting” membantu memberikan edukasi mengenai Pola Hidup Bersih dan Sehat serta melakukan survey 3 hari berturut-turut yaitu pada tanggal 14-16 Juli 2024 pada keluarga anak kategori dalam pantauan stunting.

Pola Hidup Bersih dan Sehat atau disingkat PHBS merupakan terobosan dari kementrian kesehatan yang bisa dilakukan untuk melakukan pencegahan stunting di tahap tatanan rumah tangga. Terdapat 10 indikator yang menjadi sorotan pada PHBS, yaitu persalinan yang ditolong oleh tenaga kesehatan, pemberian asi ekslusif, menimbang bayi dan balita secara berkala, cuci tangan dengan sabun dan air bersih, menggunakan air bersih, menggunakan jamban sehat, memberantas jentik nyamuk, konsumsi buah dan sayur, melakukan aktivitas fisik setiap hari, dan tidak merokok di dalam rumah. Saat melakukan edukasi dan melakukan checklist 10 indikator PHBS, reaksi para keluarga lumayan kooperatif untuk menjawab semua indikator yang ada.

Setelah melaksanakan edukasi mengenai PHBS diharapkan keluarga anak dalam pantauan stunting dapat menerapkan setiap hari untuk mengurangi penyebab stunting pada anak. Setiap keluarga juga diberikan semacam e-book yang berisi 10 indikator PHBS yang dikeluarkan oleh kementrian kesehatan. 

Editor : Cakranegara

Tidak ada komentar:

Posting Komentar